Banyak sekali waktu luang yang biasanya muncul di sela-sela kegiatan kita. Sebagai contoh pada saat mengantri di bank menggunakan mesin antrian, apabila antri pada waktu itu cukup panjang, maka kita akan memiliki waktu luang yang terkadang kita bingung harus melakukan apa. Tidak hanya itu saja, waktu luang saat ini juga banyak di miliki orang-orang yang mengerjakan pekerjaan mereka secara WFH (Work From Home). Tanpa di sadari apabila kita berhasil menggunakan waktu luang tersebut dengan mengerjakan hal yang bermanfaat, tentu hal tersebut akan berdampak positif untuk kita sendiri. Maka dari itu ini dia 5 ide untuk mengisi waktu luang kamu.

  1. Melakukan Hobi

Melakukan hobi pada saat waktu senggang sudah banyak sekali di lakukan oleh banyak orang. Bahkan mereka sengaja meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut. Namun masih banyak orang yang bingung atau tidak tau apa hobi mereka sebenarnya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya kamu melakukan kegiatan yang kamu suka atau bahkan mencari hobi baru untuk mengisi waktu luang kamu. Apabila kamu belum mengetahui apa hobi kamu, kamu bisa mencoba berbagai macam kegiatan yang menyenangkan seperti memancing, memanah, bermain game, dan lain sebagainya.

 

  1. Membuat Suasana Baru Di Rumah

Untuk kamu yang menghabiskan banyak waktu di rumah kamu bisa mengganti suasana rumah atau ruangan kamu dengan suasana yang baru. Memiliki suasana baru tanpa kamu sadari akan memperbaiki mood kamu dalam melakukan hal-hal yang produktif. Kamu bisa mencoba merubah tata letak ruangan, menambah berbagai macam hiasan, mengubah cat dinding, hingga membeli furniture baru yang bisa mendukung kegiatan kamu sehari-hari. Membeli tanaman juga bisa menjadi salah satu alternatif karena selain dapat menghias kamar, kamu perlu merawat tanaman tersebut agar tumbuh dengan cantik, kegiatan merawat tersebut bisa kamu lakukan pada saat waktu senggang.

 

  1. Olah Raga

Olah raga juga penting untuk di lakukan. Banyak orang yang melakukan kegiatan di rumah tanpa adanya olah raga sedikit pun, hal ini tentu berbahaya untuk kesehatan. Untuk kamu yang bekerja di rumah kamu bisa menyempatkan waktu pada pagi atau malam hari untuk melakukan olah raga di gym atau home workout. Kamu juga bisa mencari berbagai macam komunitas olah raga seperti komunitas lari, sepeda, memanah dan lain sebagainya agar kamu memiliki teman dalam melakukan hobi tersebut.

 

  1. Usaha Sampingan

Kegiatan ini juga banyak di lakukan oleh banyak orang saat ini. Merasa penghasilan mereka dalam sebulan tidak cukup, mereka mencoba untuk membuka usaha sampingan untuk mencari sumber penghasilan lain dari sumber penghasilan utama mereka. Kamu bisa mencoba berbagai macam model usaha sampingan dari jualan online, membuka dagangan di sekitar rumah dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan pada saat waktu luang. Dari 4 hal tersebut juga masih bisa kamu kembangkan menjadi kegiatan yang lain. Untuk mengisi waktu luang di sela kegiatan yang sedang kamu lakukan kamu bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat seperti belajar mengaji, mempelajari hal baru dan lain sebagainya.

Comments are closed.